SPACE: beri jarak, ciptakan ruang



Sudah hampir satu minggu telepon genggam saya rusak, alih-alih merasa rugi dengan rusaknya gawai andalan yg seringkali saya genggam, saya malah merasakan kualitas hidup saya jauh membaik saat gawai rusak. Kondisi ini membuat saya menyadari, betapa selama ini saya telah gagal dalam menyikapi keberadaaan si telepon pintar, karena kehadirannya lebih sering membuat saya terdistraksi. Dengan berat hati saya pun perlu menerima kenyataan bahwa sepertinya selama ini saya kecanduan gawai, dan momen telepon rusak ini ibarat seorang pecandu yg dikirim ke panti rehabilitasi, dimana aksesnya pada barang candu terputus.

Pertanyaannya adalah, bagaimana strategi saya untuk benar benar sembuh dari kecanduan, bila si telepon pintar sudah kembali berfungsi normal?

Adakah teknologi yg bisa membantu saya lepas dari kecanduan telepon pintar?

Jawabannya ada pada SPACE.


SPACE adalah aplikasi yg dibuat untuk membantu para pengguna melepaskan adiksi pada gawai/ telepon genggam. Program yg ditawarkan oleh SPACE berdurasi 30 hari, dilengkapi dengan fitur program yg berlandaskan teori perubahan perilaku. Pendekatan yg ditawarkan oleh SPACE diharapkan dapat menyembuhkan ‘kecanduan’ para pengguna yg semula susah lepas dari gawainya.


Bila kecanduan kita terhadap telepon sudah membuat tangan dan mata kita terlalu melekat pada layar telepon, aplikasi ini bisa menjadi salah satu jalan memperbaiki kualitas hubungan kita dengan dunia nyata. Menurut saya pribadi, aplikasi ini sangat layak dicoba bagi para orangtua seperti saya, agar bisa lebih fokus membersamai keluarga.

Bagaimana cara menggunakannya?


Setelah mengiinstal, lengkapi data diri dengan mendaftar, dan bagi pengguna android, bisa langsung masuk menggunakan akun google.




Setelah itu, jawab beberapa pertanyaan terkait penggunaan gawai (seberapa sering dan untuk apa kita mengakses akses), lalu atur batas penggunaan gawai yang ingin dicapai. Aplikasi akan berjalan pada latar gawai kita, dan memberi peringatan bila kita telah sampai pada Batasan waktu maksimum penggunaan gawai. Layar akan berkedip bila kita tetap menggunakan gawai, jauh setelah Batasan waktunya dilewatii.



Aplikasi akan memberikan grafik penggunaan gawai, bisa dibandingkan dengan teman yang sama sama menggunakan aplikasi tersebut, dan memberikan reward bila kita berhasil mencapai target. Kelebihannya: tampilan desain aplikasi yg cantik, nyaman di mata. Reward yang diberikan imut. Notifikasi pop-up untuk mengingatkan kita saat telah terlalu lama menggunakan telepon cukup efektif, karena menggunakan kata-kata yg menyadarkan kita tentang pentingnya “hadir” di dunia nyata.



Kekurangan: laporan detail tentang aplikasi mana yg sering digunakan hanya ditampilkan pada gawai dengan operating system android lollipop ke atas

Terlepas dari kekurangannya, menurut pendapat saya pribadi, aplikasi SPACE bermanfaat untuk memberi jarak antara kita dengan gawai, agar jiwa kita mendapatkan ruang untuk bertumbuh di dunia nyata.


#Hari3

#Tantangan10hari

#Level12

#KuliahBunsayIIP

#KeluargaMultimedia

Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2018 by Ibu Profesional. www.ibuprofesional.com All right reserved